Senin, 09 Agustus 2010

KURSUS VOKAL CEMPAKA NADA



Rahasia bernyanyi seorang penyanyi yang baik adalah Pita suara yang tebal dan tenggorokan yang luwes, disini  Kami Cempaka Nada memberikan solusi pelatihan dan pembentukan tehnik vokal yang benar. Dalam olah vokal kami, Selama proses pembentukan dan penebalan pita suara, kami harapkan dalam dua sampai tiga bulan pertama, anggota kursus vokal diharapkan datang tepat waktu dan rajin menerapkan latihan lagi dirumah dengan methode  yang akan kami terapkan agar kwalitas vokal terbentuk secara baik dengan pita suara yang semakin menebal dan kuat. Dalam pembentukan latih vokal kami, anggota kursus vokal akan melewati tahap penarikan vokal dari nada terendah hingga nada yang tertinggi secara bertahap sesuai kemampuan masing-masing anggota karena dalam proses latih vokal yang salah akan berdampak kerusakan pada pita suara.

Cempaka Nada menyediakan wadah bagi para pemula yang tidak dibatasi oleh usia dari usia 5 tahun (anak- anak) hingga dewasa dan orang tua. Bagi yang ingin melatih suara agar dapat bernyanyi dengan baik dan benar lewat kursus vokal kami. Tidak ada kata terlambat untuk memulai kursus vokal. Kami para pelatih vokal siap membantu melatih vokal anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua yang masih ragu dalam bernyanyi / ragu mengeluarkan suara emasnya ataupun ingin sekedar menyalurkan hobby karaoke agar dapat bernyanyi yang baik dan benar di sebuah acara kantor maupun di tempat event lainnya. 

Dan juga bagi para remaja yang ingin membentuk sebuah grup Band sangat tepat jika anda mengikuti proses latihan ditempat kami. Kami siap membantu dan mengarahkan menurut Genre masing-masing group band tersebut. Kami memberikan solusi penerapan pembelajaran yang mudah dipahami dengan tepat dan benar setelah anda mengikuti pelatihan dengan menggunakan methode kami.  Kelebihan pelatihan vokal kami dari kursus vokal  yang lain adalah diajarkan langsung oleh pelatih vokal profesional kami di dasari dari  tehnik pengambilan suara vokal not yang terendah sampai vokal not yang tertinggi. Penguasaan  tehnik vokal meliputi penjiwaan, seriosa, artikulasi, vibrasi, staccato, dll, serta penguasaan tehnik panggung yang benar dan performance. 

Kami juga melatih Vokal khususnya untuk lagu-lagu Daerah Campur Sari, Keroncong, Dangdut cara penggunaan dinamika cengkok, vibrasi, Drill sangat dibutuhkan bagi penyanyi Tradisional.

Kami bekerjasama dengan pelatih vokal berpengalaman dari Sarjana Music S1 (IKIP), Serta Pembimbing dari Purwacaraka, Yayasan Music Indonesia, dan berbagai sumber lainnya. Sehingga dijamin pasti Anda dapat bernyanyi dengan baik dan benar serta menguasai ketepatan notasi music setelah mengikuti kursus vokal kami. Disini kami juga menyediakan dan menjual Buku lagu-lagu terlengkap untuk berlatih vokal atau bernyanyi.

Pembentukan Latih Vokal kami melewati beberapa tahap:

A. PERNAPASAN
B. MEMBENTUK SUARA
C. RESONANSI ( Menggemakan suara )
D. VOCAL & KONSONAN
E. INTONASI ( melafalkan nada dengan tepat )
F. ARTIKULASI ( Pengucapan yang benar & Jelas )
G. FRASERING ( melafalkan kalimat dengan utuh )
H. INTERPRETASI & EKSPRESI ( Memahami & Menjiwai )

TAHAP AWAL (Dasar)
Pengenalan pernafasan, Artikulasi, Membaca notasi, Felling notasi, Tempo, Dinamika, Rithme, Phrasering, Pembentukan range vokal, Resonansi vokal, Pengenalan beat dan birama 4/4  ¾  2/4, Pembentukan suara seriosa, Staccato, Latihan berbagai macam lagu traditional, pop, barat, Ekspresi lagu.

TAHAP LANJUTAN (Performance)
Latihan Breath Control (pernafasan), Latihan Artikulasi (pengucapan), Tehnik suara, Latihan Sikap Badan, Resonansi, Vibrato, improvisasi, Intonasi, Latihan pitch kontrol, Phrasering, Tempo, Dinamika, rithme, Staccato, Semi Staccato, Range vokal, Tehnik, Penggunaan mic, Soul (penjiwaan), Performance/ Tehnik panggung, Komunikasi Audience.

BIAYA TEHNIK VOKAL :

Persyaratan untuk mengikuti kursus vokal di Cempaka Nada Entertainment :
  • BUKA SETIAP HARI JAM 10.00 PAGI  s/d  20.00 WIB.
  • Paket Biaya kursus vokal sebesar Rp. 500.000,-/ Untuk 4 Jam.
  • UNTUK WAKTU KURSUS KAMI BISA FLEKSIBEL
  • Mengikuti Latihan sebanyak 4 X pertemuan  dalam sebulan selama 1 jam. 
  • Atau  seminggu 2X  pertemuan selama 2 jam.
  • Sanggup mengikuti latihan dengan tekun dan serius.
  • Datang tepat waktu. 


 "Tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang sudah menguasai berbagai jenis lagu dan dapat bernyanyi dengan tehnik yang benar serta menguasai panggung akan kami salurkan untuk setiap event kami"
 
 
                                                      ( Teras Bersama )


Kursus Vokal Berbagai usia: 
Anak-anak, Remaja, Dewasa dan Orang tua.  



Kursus Vokal Dewasa 



Pita Suara

Pita suara adalah 2 buah pita otot elastis yang terletak di laring ( kotak suara ), tepat dia atas trake ( saluran udara. Pita suara menghasilkan suara jika udara yang tertahan di paru-paru dilepaskan dan melewati pita suara yang menutup sehingga pita suara bergetar. Jika kita tidak sedang berbicara, pita suara terpisah satu sama lain sehingga kita bisa bernafas.

Pita suara yang normal dapat bergerak membuka dan menutup, serta bergetar dengan baik. Bila kita dalam keadaan bernafas, pita suara akan membuka / memisah, dan udara yang kita hirup lewat hidung atau mulut akan masuk ke saluran yang ada di bawah pita suara menuju ke paru-paru. Dan bila kita berbicara, maka pita suara akan menutup dan bergetar.

Selain pita suara, otot leher juga sangat berpengaruh dalam menghasilkan suara. Bila Anda mencoba bernyanyi dengan nada tinggi, semakin tinggi nada yang Anda capai, maka semakin mengecil otot leher Anda dan pita suara akan bergetar makin kencang. Dan jika Anda memaksa meraih nada tinggi, akan menyebabkan otot leher mengecil dan mencekik epiglotis (tulang rawan yang dibungkus otot) yang ada di depan pita suara. Hal ini dapat membahayakan kesehatan pita suara dan otot leher Anda, oleh karena itu leher Anda akan terasa capek.

Lain halnya dengan nada rendah, otot leher akan meregang ke bentuk yang paling besar. Pita suara akan bergetar dengan pelan. Setiap orang memiliki otot leher dengan kemampuan fleksibilitas yang berbeda-beda.   Penyanyi-penyanyi yang dengan mudahnya menjangkau nada-nada tinggi, memiliki otot leher yang elastis dan pita suara yang prima. Untuk melatih kemampuan pita suara dan otot leher, dapat dengan cara solmisasi, melafalkan do-re-mi-fa-so-la-si-do berulang-ulang dari nada rendah ke nada tinggi. Atau besenandung ringan secara benar. Bila Anda bercita-cita sebagai penyanyi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan guru vokal saja.


Teknik Olah Vokal
PITA SUARA LUWES
Syarat mutlak bernyanyi adalah pita suara dan tenggorokan yang luwes. Karena itu, perlu pemanasan atau vokalisi setiap kali belatih atau sebelum naik ke panggung. Latihan dimulai dengan suara lembut. Tenggorokan jangan tegang.

SIKAP MULUT
Jangan segan membuka mulut. Jangan takut wajah dan mulut Anda jelek dilihat orang lain. Posisi mulut yang wajar, tidak dibuat-buat. Bibir sebaiknya membentuk corong ala trompet, tapi tetap luwes.

Rahang bawah perlu dibuka tutup secara luwes, khususnya sewaktu membawakan nada-nada tinggi. Ini menghindari suara "terjepit".

Lidah bersikap luwes, tidak kaku.

ARTIKULASI VOKAL (HURUF HIDUP)
Lima huruf hidup alias vokal (a, i, u, e, o) harus dilatih terus-menerus pengucapannya. Mulut dibuka lebar agar semua vokal tedengar jelas.

MERAWAT PITA SUARA
1. Jangan memaksakan diri menyanyikan nada tinggi-nada tinggi yang belum dikuasai. Pita suara bisa aus.

2. Jangan minum es sebelum dan sesudah latihan atau hari yang sangat panas. Minuman yang terlalu panas pun tidak dianjurkan. Nortier Simanungkalit, bapak paduan suara, juga melarang penyanyi seriosa dan paduan suara menghindari wedang jahe.

3. Jangan memaksakan diri menyanyi ketika sedang sakit, batuk, pilek.

4. Hindari makanan berminyak, pedas, 3-4 jam sebelum menyanyi. Akan lebih afdal jika penyanyi profesional tidak minum kopi, alkohol, dan merokok. Sebab, hal ini sangat mempengaruhi pernapasan.

5. Biasakan minum segelas air putih ketika bangun tidur dan senam pagi sambil menghirup udara bersih sebanyak-banyaknya.

6. Istirahat cukup. Tidak dianjurkan bergadang.

7. Jangan menyanyi dalam keadaan perut kosong atau terlalu kenyang. Ini mempengaruhi rongga perut, diafragma, dan kualitas pernapasan.

8. Menyanyi dengan gembira, tidak tegang. Jangan bernyanyi hanya dengan suara, tapi juga wajah Anda. Ekspresi atau penghayatan lagu mutlak perlu.

MENGGUNAKAN MIKROFON (MIKE)
1. Jaga jarak dengan mulut. Sekitar 20 cm dengan sudut 45 derajat. Jarak usahakan selalu sama. Ketika nada tinggi, jauhkan mikrofon agar volume suara yang terdengar tidak terlalu keras.

2. Benyanyi dengan suara sedang. Fungsi mikrofon untuk mengeraskan suara. Maka, Anda tidak perlu habis-habisan mengeluarkan suara. Suara terlalu keras akan berubah menjadi pecah dan tajam.

3. Jangan mengambil napas yang dalam ke arah mikrofon. Sebab, suara napas Anda akan terekam mikrofon yang sangat peka.

4. Rekam dan dengarkan suara Anda sendiri sebagai bahan evaluasi.


 Menyanyi
Menyanyi adalah suatu kegiatan mengeluarkan bunyi-bunyian dengan frekuensi-frekuensi tertentu yang harmonis dan memiliki arti tertentu dan biasanya berfungsi kearah yang lebih positif bagi manusia. Dalam menyanyi ada dua hal yang paling penting. Yaitu teknik dasar dan penyampaian. Keduanya ini saling berkaitan erat dan tidak boleh ada satupun yang terbengkalai. Keduanya harus diperhatikan sangat saat bernyanyi. Kedua poin penting tersebut juga memiliki beberapa hal yang kalau di-break down akan menjadi seperti berikut:

Teknik Dasar Bernyanyi

Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan untuk bagian ini, yaitu:
  1.  Pernafasan
  2. Placement penempatan resonansi suara 
  3. Penggunaan Register






Pernafasan
Ada tiga pernafasan yang kita kenal pernafasan dada, pernafasan perut, pernafasan diafragma. Pernafasan yang dipakai saat bernyanyi adalah jenis pernafasan yang terakhir; pernafasan diafragma. Ketiga pernafasan di atas memiliki cirri-ciri khusus untuk mengenalnya:
Pernafasan dada: saat menarik nafas dada terangkat. Pernafasan ini tidak dipakai saat bernyanyi karena udara yang didapatkan terlalu sedikit.
Pernafasan perut: saat menarik nafas perut menjadi besar. Pernafasan ini juga terlalu sedikit.
Pernafasan diafragma: saat bernafas seluruh lingkar diafragma membengkak. Udara masuk tidak hanya dari hidung melainkan juga dari mulut. Lingkar diafragma terletak sedikit di atas perut sampai dengan ke bagian belakang badan.

Placement (penempatan resonansi suara) 

Saat udara dari pernafasan diafragma ditembakkan, maka udara tersebut akan menggetarkan pita suara dan mengeluarkan bunyi. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan seorang penyanyi adalah menempatkan udara yang baru saja di-tembakkan tadi ke daerah resonansi yang benar. Daerah yang dimaksud terletak di seantero tengkorak manusia.



Terdapat beberapa ruang resonansi di tengkorak manusia. Sekitar hidung, rahang bawah, rahang atas, sekitar tulang baji, tengkorak belakang. Daerah resonansi yang benar adalah sekitar tulang baji, didepan, ke atas sedikit dari titik antara dua mata. Jikalau salah penempatan maka suara yang diproduksi juga akan salah, seperti pada orang kebanyakan.
Placement sekitar hidung mengakibatkan suara hidung.
Placement sekitar rahang bawah mengakibatkan suara rahang.
Placement ditengkorak bagian belakang mengakibatkan suara yang mendam dibelakang.

Pemakaian register
Pada tubuh manusia sudah terdapat 3 register yang dapat dipakai untuk menyanyi. Penggunaan register yang tepat mutlak dibutuhkan agar seorang penyanyi tidak kesulitan saat membunyikan nada.
Register Bawah atau Register Dada. Register yang dipakai saat mencapai nada-nada rendah. Register ini dipakai dengan cara menekan dan mengembangkan bagian dada saat bernyanyi. Register ini membuat nada-nada rendah menjadi lebih besar, hangat dan mudah digapai.
Register Tengah. Register ini otomatis terpakai saat seseorang bernyanyi. Tidak perlu ada usaha tertentu untuk menggunakan register ini.
Register Atas atau Register Kepala adalah register yang harus dipakai saat menggapai nada-nada tinggi, atau tinggi sekali. Register ini digunakan dengan cara merelaksasi seluruh komponen pembentuk suara sehingga suara seolah-olah loss ke kepala. Suara yang terproduksi saat menggunakan register atas biasa disebut Falseto. Jenis suara ini jika didukung dengan pernafasan (support) yang sangat kuat maka akan menjadi semi falsetto yang sangat indah.

Penyampaian
Penyampaian merupakan hal utama dari menyanyi setelah teknik dasar. Setelah teknik dasar dikuasai maka langkah selanjutnya adalah penyampaian. Singing is about Giving. Menyanyi tidak berhenti pada masalah vokal dan teknik saja, tetapi hal yang lebih penting adalah “untuk apa kita menyanyi”. Kalau kita tidak memiliki tujuan untuk menyanyi, mungkin lebih baik kita tidak usah menyanyi. Apalagi kalau harus perform di depan banyak orang, harus ada sesuatu yang disampaikan kepada audiens. Penyanyi-penyanyi besar adalah    penyanyi yang mampu menguasai bagian ini. Jikalau seorang penyanyi tidak mampu menguasai bagian ini, dia hanya tertinggal sebagai pelatih vokal saja.

Jenis Musik 
Untuk menyampaikan apa yang kita maksud banyak jenis musik yang dapat digunakan. Jazz, Country, Rock, R&B, Pop, Swing, Latin dsb. ataupun perpaduan dari jenis-jenis musik tersebut. Pemilihan jenis  yang tepat membantu kita menyampaikan pesan. Misalnya untuk lagu-lagu tentang seducing, kita dapat menggunakan irama Latin-Jazz, sementara untuk lagu have fun kita dapat menggunakan jenis R&B.

Interpretasi Lagu
Seorang penyanyi harus tahu betul arti lagu yang akan dibawakannya. Sebaiknya seorang penyanyi mengadakan penelitian kecil terhadap lagu yang akan dibawakan. Mulai dari siapa penciptanya, untuk apa lagu itu diciptakan, tahun berapa lagu tersebut diciptakan, ciri apa yang menjadi kekhasan jaman itu, bahkan sampai mendengar cara orang lain membawakan lagu yang sama. Pada intinya seorang penyanyi harus mampu berbicara lewat lagu yang akan dibawakan. Harus ada dinamika seperti saat seseorang mendongeng, marah-marah, menasehati, dll. seperti orang bercakap-cakap.

Efek Vokal
Menyanyi tidak melulu harus menggunakan teknik yang benar. Kadang-kadang teknik yang sedikit menyimpang dapat digunakan untuk menambah efek suara yang diinginkan. Contohnya pada penyanyi-penyanyi kulit hitam biasa digunakan teknik suara seperti be-riak untuk menambah efek emosi sedang marah.

Improvisasi
Atau penggunaaan nada-nada yang tidak biasa atau tidak normal dibanding harga yang tertulis. Biasanya ini dilakukan untuk menarik perhatian audiens maupun membuktikan kualitas musikalitas seseorang. Hal ini juga dapat sangat membantu seorang penyanyi untuk menyampaikan pesan kepada audiens.

"Music was created for the thirsty soul… The soul of human being.
Thanks God you ever created it".


Jika Anda berminat mengikuti kursus vokal, silahkan datang ke alamat kami di :
Jalan Biduri Bulan V Ujung No 24.
(Taman pirus - Sumur Batu) Kemayoran Jakarta Pusat.  
atau hubungi kami di phone: 021-68882330 / 021-93751593 / 081387375570

3 komentar:

  1. Merlynellen datang saja langsung ke alamat kami. untuk alamat lengkap bisa dilihat di peta sebelah kanan blog kami. atau via telp kami. thanks

    BalasHapus
  2. Saya mau dong Les vocal nya,,
    Datang ke Tempat bisa gak atau ada nomor hp yg bisa di hubungi, Terima KAsih...

    BalasHapus